Minggu, 15 November 2009

The Power of Ayat Kursi
( Eko Harianto, S.Sos.I* )

  • Al-Qur’an merupakan sebuah kitab suci dan petunjuk yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad saw. bagi seluruh manusia. Ia berbicara kepada rasio dan kesadaran manusia, serta mengajarkan kepada manusia aqidah tauhid. Al-Qur’an juga sebagai perantara untuk membersihkan diri manusia dengan berbagai praktek ibadah, dan menunjukkan kepadanya dimana letak kebaikan dalam kehidupan pribadi dan kemasyarakatan. Selanjutnya, al-Qur’an juga menunjukkan kepada manusia jalan terbaik guna merealisasikan diri, mengembangkan kepribadian, dan mengantarkan pada jenjang kesempurnaan insani agar dengan demikian dapat merealisasikan kebahagiaan bagi dirinya, baik di dunia maupun akhirat.
  • Semua surah dalam al-Qur’an menyimpan banyak misteri, keajaiban dan kedahsyatan masing-masing. Salah satu surat yang di dalamnya menyimpan kedahsyatan ialah surat al-Baqarah ayat 255, atau yang lebih dikenal dengan sebutan ayat kursi.
  • Sebagaimana sabda Nabi Muhammad saw. dari Anas bin Malik r.a., “Apabila seseorang dari umatku membaca ayat Kursi 12 kali, kemudian dia berwudhu dan mengerjakan shalat subuh, niscaya Allah akan menjaganya dari kejahatan setan dan derajatnya sama dengan orang yang membaca seluruh al-Qur’an sebanyak tiga kali, dan pada hari kiamat ia akan diberi mahkota dari cahaya yang menyinari semua penghuni dunia.”
  • Berkata Anas bin Malik, “Ya Rasulullah, apakah hendak dibaca setiap hari?” Sabda Rasulullah saw., “Tidak, cukuplah membacanya pada setiap hari Jum’at”. Umat-umat dahulu hanya sedikit yang mempercayai rasul-rasul mereka dan itu pun apabila mereka melihat mukjizat secara langsung. Kita sebagai umat Islam tidak boleh ragu-ragu tentang apa yang diterangkan oleh Allah dan Rasul. Janganlah kita ragu-ragu tentang al-Qur’an, hadis dan sunnah Rasul kita. Janganlah kita menjadi seperti umat yang terdahulu yang mana mereka itu lebih suka banyak bertanya dan hendak melihat bukti-bukti terlebih dahulu sebelum mereka beriman.
  • Setiap satu yang dianjurkan oleh Rasulullah saw. kepada kita adalah untuk kebaikan kita sendiri. Rasulullah saw. menyuruh kita mengamalkan membaca ayat Kursi. Kehebatan ayat ini telah diterangkan dalam banyak hadis. Kehebatan ayat Kursi ini adalah untuk kita juga, yakni untuk menangkis gangguan setan dan teman-temannya di samping itu kita juga diberi pahala.
  • Begitu juga dengan surah al-Falaq, surah Yasin dan banyak lagi ayat-ayat al-Qur’an yang mempunyai keistimewaannya. Setiap isi al-Qur’an itu mempunyai kelebihan yang tersendiri. Oleh karena itu jangan ada sedikit pun dalam umat Islam keraguan tentang ayat-ayat al-Qur’an, hadis Nabi dan sunnah Rasulullah saw. Adanya keraguan dan was-was itu datangnya dari setan.
  • *Pengasuh program Mamaku Mamamu di RRI Pro 2 Jogja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar